Minggu, 06 Oktober 2019

Daftar 10 JASA PENGIRIMAN TERPOLPULER DI INDONESIA

Jasa Pengiriman serta Jasa Pindahan Rumah HABIBI DAN AINI RENTAL MOBIL
Bapak Syahrullah selaku pemilik bisnis tersebut mengawali karir dari seorang sopir pribadi yang selama 15 tahun lebih menekuni pekerjaan tersebut. Namun dengan niat yang baik dan terus belajar akhirnya membuka Bisnis layanan transportasi pada tahun 2013 dan akhirnya mendapatkan banyak respon dan pelanggan membuat usahanya makin maju sampai saat ini
Kontak dan Lokasinya dapat di lihat di sini

1. POS Indonesia
Merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos yang kini berbentuk perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia.

Didirikan pada era VOC, kantor pos pertama di Indonesia terletak di Batavia (Jakarta) dan didirikan pada tanggal 20 Agustus 1746. Dibuatnya Groote Postweg (Jalan Raya Pos) membuat lalu lintas Jawa Barat dan Jawa Timur semakin lancer dan cepat, yang akhirnya membuat pos pindah kantor pusatnya ke Bandung pada tahun 1923. Pendudukan berganti, begitu pun dengan pos. Beralihnya pos ke tangan Indonesia terjadi pada tanggal 27 September 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.

Secara umum, Pos Indonesia membagi lingkup bisnisnya menjadi dua, yakni Bisnis Surat Paket (BSP) dan Jasa Keuangan (Jaskug) yang terdiri dari jasa:

Filateli dan konsinyasi (prangko dan meterai)
AdmailPos
Express Mail Service (EMS) dan RLN internasional
Pos Ekspor
Paket Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres, Jumbo)
Surat Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres)
Logistik
Kargo
Bank Channeling
Fund Distribution (Western Union dan PosPay)
Giro Pos
Wesel Pos
Gallery Pos
PostShop
Pos Niaga (ditiadakan)
Agen Pos

2. JNE
Perusahaan yang memiliki nama resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) ini didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Awalnya perusahaan ini didirikan sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional yang kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.
Karena persaingan pasar domestik dilihat cukup menjanjikan, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik.

JNE mendapat keuntungan di jalur ini dan kemudian memperluas pelayanannya dengan logistik serta distribusi. Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing dan menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri dan membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

3. Wahana Logistik
Memiliki nama lengkap PT. Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan nama Wahana Courier & Air Cargo Specialist merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak bulan Juni 1998 dengan 5 orang pegawai dan hanya melayani jasa pengiriman dokumen dalam kota Jakarta.

Sejak tahun 2002, perusahaan ini mulai mengembangkan jasa pengirimannya, tidak hanya melayani pengiriman dokumen tetapi juga mulai melayani pengiriman paket/barang besar maupun kecil untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Pada Juli 2005 pelayanan pengirimannya ditingkatkan dengan melayani pengiriman ekspor lewat udara dan membuka kantor cabang di Singapura. Kini Wahana Logistik telah memiliki Memiliki 60 kantor cabang tersebar se indonesia, singapura dan 300 agen dengan karyawan 1200 di dukung armada pengiriman truck mencapai 250 unit
menunjukan perusahaan ini memiliki jaringan yang luas

4. TiKi
Perusahaan jasa pengirimana yang memiliki nama lengkap PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) ini mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. Perusahaan ini didirikan tepat pada tanggal 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto yang juga berperan sebagai pemegang saham. Pada tahun 1972 TiKi melakukan perombakan manajemen dan memasukan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmandi yang awalnya melakukan kerja sama menjadi pemegang saham. TiKi pun semakin maju.

Kini, TiKi telah memiliki 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau pelosok di dalam dan luar negeri. TiKi pun kemudian berkembang menjadi TiKi Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan, yaitu:
TKS (Titipan Kilat Soeprapto), bergerak di bidang kargo
TIKITA (TIKI Wisata), bergerak di bidang travel dan wisata
TIKINDO (TIKI Logistik), bergerak di bidang layanan logistik
5. First Logistics
Berkontor pusat di Tangerang, PT Synergy First Logistik merupakan mitra resmi dari beberapa toko online terkemuka seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Blanja.com, Elevenia, Bilna, dan Blibli.com. Didirikan pada tahun 2007, perusahaan kurir lokal ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (one night services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).

6. Indah Logistik
Didirikan oleh Arizal Aziz pada awal tahun 2000 dengan nama CV Indah Travel yang berkembang pesat di daerah Sumatera. Karena titipan barang semangkin banyak, perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas dan disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang. Dan pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

Akibat terjadi ketidakcocokan antara komisaris dan pediri perusahaan, terjadilah perpisahan dan pembagian asset perusahaan. PT Indah Cargo dihentikan kegiatannya dan diganti dengan didirikannya PT Indah Logistik pada tanggal 23 Desember 2011 yang juga bergerak di bidang jasa titipan.

7. Pandu Logistik
Perusahaan dengan nama lengkap PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 1992 oleh DR HM Bhakty Kasry. Berawal dari sebuah ruko kecil di kawasan Jakarta Utara, perusahaan ini berhasil menunjukan eksistensinya di bidang jasa pengiriman ekspres domestik.

Awal tahun 2000, Pandu Siwi Group didirikan dengan brand markingnya bernama Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo. Pandu Logistik kini telah memiliki cabang yang berjumlah 150 cabang dan karyawan lebih dari 2000 orang yang tersebar di Indonesia serta jaringan team work yang tersebar di sebagian besar negara di dunia.

8. RPX
PT Republic Express yang disingkat menjadi RPX, merupakan perusahaan dalam bidang logistik yang didirikan oleh Harsha E Joesoef pada tahun 1985. Awalnya perusahaan ini didirikan dengan nama PT Repex Perdana yang menjadi mitra perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat FedEx. Sejak menjadi pemegang lisensi FedEx satu-satunya untuk Indonesia, RPX terus melakukan pengembangan bisnis.

Berawal dari garasi rumah di kawasan Jakarta Selatan, perusahaan ini kini menjelma menjadi RPX Group yang memiliki tujuh unit usaha sesuai dengan bidang yang semakin spesifik, yaitu:
PT Repex Perdana Internasional sebagai pemegang lisensi FedEx di Indonesia yang melayani jasa logistik internasional.
PT Antareja Prima Antara atau RPX Domestic Express yang menawarkan jasa distribusi ekspres domestik untuk seluruh kota di Indonesia.
PT Republic Express atau RPX Airlines yang memberikan layanan pesawat kargo domestik berjadwal.
PT Wahana Dirgantara atau RPX Warehouse untuk jasa pergudangan.
PT Sena Satwika atau RPX Clearance yang bergerak di bidang pelayanan administrasi ekspor-impor.
PT Senatrans Utama atau RPX Air Fortwarding untuk layanan pengiriman international freight ke Jepang bekerja sama dengan Sumitomo.
PT Pelangi Semesta atau RPX Sea Forwarding & Moving yang menawarkan pengiriman kargo internasional lewat angkutan udara maupun laut serta jasa pengepakan. Usaha ini bekerja sama dengan Eagle Global Logistic.

9. Cahaya Logistik
Berlokasi di Jakarta Selatan, PT. Cahaya Logistik adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang distribusi pengiriman barang yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan yang juga membuka sistem agen atau waralaba ini menawarkan jasa pengiriman dokumen & paket keseluruh wilayah Indonesia dengan biaya yang sangat murah dan tepat waktu. Cahaya Logistik memiliki tiga layanan, yaitu Dokumen & Paket, Logistic, serta Warehousing.

10. GO-KILAT dari GO-JEK
GO-KILAT merupakan layanan baru dari GO-JEK bekerjasama dengan beberapa toko online yang memberlakukan tarif promo jauh dekat 15 ribu untuk wilayah Jakarta, dengan syarat jaraknya tidak boleh lebih dari 25 km dari toko yang menjual barang. GO-KILAT juga berlaku hanya untuk order yang masuk pukul 07.00 – 15.00 WIB (Senin – Jumat) dan ditiadakan pada hari libur nasional serta kondisi bencana alam (banjir, gempa dll).

Sebelum adanya layanan GO-KILAT, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim dan diluncurkan pada tahun 2010 ini telah memiliki layanan lain selain jasa pengantaran penumpang oleh ojek, seperti GO-FOOD, GO-BOX, GO-CLEAN, GO-MASSAGE, GO-RIDE, GO-CAR, dan sebagainya. 

Tidak ada komentar: